Resep Kopi Hitam
.

Resep Membuat Kopi Sederhana di Rumah

Resep Membuat Kopi Sederhana di Rumah Resep Kopi Sekarang ini banyak cara bikin kopi yang berkembang di masyarakat seperti mesin espresso yang harga nya mulai dari beberapa puluh juta sampai seharga mobil.

Resep Membuat Kopi Sederhana di Rumah Resep Kopi Sekarang ini banyak cara bikin kopi yang berkembang di masyarakat seperti mesin espresso yang harga nya mulai dari beberapa puluh juta sampai seharga mobil. Itu cuma untuk mengekstraksi kopi. Tetapi, tidak perlu beli beragam peralatan mahal, terdapat banyak alat sederhana yang bisa dipakai untuk menghasilkan kopi yang nikmat. 

Lantas kenapa membuat kopi mesti memakai alat? 

 " Pada intinya membuat kopi pada beberapa orang seperti seni. Lain daerah asal, suhu atau tingkat sangrai biji kopi jadi, kopi yang dihasilkan bikin rasa kopi yang dihasilkan jadi jauh berbeda, " tutur Andanu Prasetyo, barista sekalian seseorang penggemar kopi.


Cita rasa atau kwalitas kopi itu lah yang ingin diperoleh oleh tiap-tiap barista. Itu juga penyebab banyak pakar kopi yang menyampaikan terdapat beberapa langkah untuk nikmati kopi selain dengan kopi instan. 

Pria yang umum disapa Tyo itu juga menyampaikan bahwa kopi tubruk yang bubuk kopinya langsung diseduh dengan air panas bikin minyak kopi masih tetap merasa. Hal semacam ini membuat kwalitas kopi tidak bisa di nikmati dengan cara optimal.

Pria berumur 24 th. itu menyampaikan, dengan memakai alat clever dripper yang dibagian atas di beri kertas khusus, kopi yang didapat mempunyai struktur yang lebih encer lantaran minyaknya semakin banyak tersaring. 

clever dripper


 " Dahulu orang taunya robusta pahit, arabica asam. Robusta pahit lantaran kandungan kafeinnya tinggi. Sedang arabica itu karakter dasarnya menyerap tanah maka dari itu ada kopi rasa buah, seperti di Bali tanahnya itu dipakai untuk menanam jeruk jadi kopi yang ditanam di sana waktu diminum ada sedikit sentuhan rasa citrus, " terang pria yang juga yang memiliki kedai kopi di bilangan Cipete bernama Toodz House. 

Ia juga menyampaikan bahwa tidak cuma citrus, ada juga kopi dengan cita rasa pedas pada kopi Aceh Gayo, kopi Sumatera Mandailing dengan sentuhan rasa tembakau, Flores dengan sedikit sentuhan rasa cokelat serta kopi-kopi Sumatera lain yang mempunyai rasa rempah aromatik yang kuat. 

Dengan cita rasa kopi yang demikian kompleks, sebaiknya sesekali Anda nikmati bubuk kopi yang baru digiling hingga kopi senantiasa segar. Anda juga dapat nikmati mutunya. Menurut Tyo, kopi yang segar mempunyai cita rasa yang jauh berbeda dengan kopi yang telah disimpan berbulan-bulan. 

 " Untuk nikmati kopi dirumah, Anda dapat juga beli gilingan kopi sederhana yang alatnya telah banyak di jual. Sedang cara bikin kopinya dapat dengan beberepa alat seperti french press, V60 atau clever dripper, " lanjut Tyo.


french press


Demikian pengetahuan mengenai Minuman Kopi Hitam di Desa Umbul Sidomukti. Semoga dengan kita membaca artikel Resep Membuat Kopi Sederhana di Rumah, dapat menambah wawasan kita dalam dunia minuman kopi. Blog Resep Kopi Hitam tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Referensi :
http://life.viva.co.id/
Labels:

Post a Comment

Kalau pakai mesin pembuat kopi rasanya lebih enak nggak gan? :D

MVP

{facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google-plus#http://plus.google.com} {youtube#http://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
lt;script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">