Resep Kopi Hitam
.

Manggar Bangka Belitung Kota 1001 Warung Kopi

Manggar Bangka Belitung Kota 1001 Warung Kopi Resep Kopi Kota Manggar, Belitung Timur, memanglah seperti dengan kota seribu satu warung kopi. Nyaris di tiap-tiap pojok kotanya ada warung kopi. Pengunjungnya laki-laki serta wanita asik minum kopi sembari mengobrol serta main kartu di warung-warung kopi yang menyebar di Kota Manggar.

Manggar Bangka Belitung Kota 1001 Warung Kopi Resep Kopi Kota Manggar, Belitung Timur, memanglah seperti dengan kota seribu satu warung kopi. Nyaris di tiap-tiap pojok kotanya ada warung kopi. Pengunjungnya laki-laki serta wanita asik minum kopi sembari mengobrol serta main kartu di warung-warung kopi yang menyebar di Kota Manggar.



Bangunan warung kopi di Manggar rata-rata seperti bedeng bangunan simpel beratap seng serta dinding bambu. Kursi serta meja kayu sederhana dialasi taplak plastik tanpa ada hiasan apapun. Jangan pikirkan seperti kafe kopi di Jakarta yang dilengkapi sofa, tv, serta penyejuk udara.

Tetapi, malah warung kopi yang sederhana itu yang dapat di nikmati warga asli Bangka Belitung serta wisatawan luar yang mau nikmati kopi Manggar lantaran harga nya murah meriah. Rata-rata warung kopi di kota laskar pelangi ini buka 24 jam. Setiap saat, warga dapat minum kopi sembari mengobrol dengan rekan sejawat. Jenis warung kopi dengan adanya banyak jendela terbuka bikin siapapun yang diluar bangunan dapat lihat kesibukan warga yang tengah minum kopi didalam warung.

Harga kopi manis di Manggar cuma Rp 3.000 satu gelas, sedang kopi susu kental manis serta susu teh juga murah, cuma Rp 4.000 per gelas. Harga yang murah ini sangatlah terjangkau untuk warga Belitung serta bikin mereka sukai nongkrong di warung-warung kopi.



Manggar Bangka Belitung Kota 1001 Warung Kopi


Siang itu penulis coba singgah di salah satu warung kopi di Manggar, yakni Warung Kopi D&D, yang senantiasa ramai konsumen. Waktu itu cuaca sedikit mendung serta paling nyaman memanglah nongkrong bersama rekan sembari minum kopi. Lantaran tak umum minum kopi tubruk, penulis berniat pesan kopi susu. Cuma lima menit, kopi susu panas telah diantarkan ke meja.



Rasa kopi susunya cukup nikmat, bercampur pada manis rasa susu serta sedikit rasa kopi pahit. Penjualnya senantiasa sigap mempersiapkan beberapa puluh gelas diisi susu kental manis tanpa ada kombinasi gula serta tinggal menuangkan seduhan kopi panasnya di gelas yang telah disediakan.

Agar penyajiannya cepat, warung kopi disini senantiasa mempersiapkan seduhan kopi dalam panci besar. Setiap ada pesanan kopi baru dididihkan kembali di panci kecil sesuai sama pesanan hingga kopi cepat disajikan.



Di daerah Kepulauan Belitung tak ada kebun kopi. Kopi yang disajikan dihadirkan dari Lampung berbentuk biji kopi mentah. Warung kopi yang menggorengnya dan membuatnya bubuk kopi serta mengolah kopi seduhnya dengan sederhana tidak ada barista pakar pembuat kopi yang ahli.

Th. 2011 di Manggar berniat mengadakan acara rekor memecahkan minum kopi susu oleh MURI yang diikuti oleh 15.000 orang. Karenanya ada acara itu, Kota Manggar telah dicanangkan juga sebagai Kota 1.001 Warung Kopi oleh Gubernur Bangka Belitung



Demikian pengetahuan mengenai Minuman Kopi Hitam di Desa Umbul Sidomukti. Semoga dengan kita membaca artikel Manggar Bangka Belitung Kota 1001 Warung Kopi, dapat menambah wawasan kita dalam dunia minuman kopi. Blog Resep Kopi Hitam tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Referensi :
http://pakettourbelitung.com/

Post a Comment

MVP

{facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google-plus#http://plus.google.com} {youtube#http://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
lt;script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">