Resep Kopi Hitam
.

Mengenal Sejarah Kopi Hingga Mendunia

Sejarah kopi yang mendunia. Perihal sejarah kopi dari tempat mana serta siapa penemunya memanglah tak di ketahui pasti

Sejarah kopi yang mendunia. Perihal sejarah kopi dari tempat mana serta siapa penemunya memanglah tak di ketahui pasti. Tetapi sejarah kopi sudah dicatat mulai sejak abad ke-9. Pertama kali kopi cuma ada di Ethopia, yang mana dalam sejarah kopi ini, biji kopi ditanam oleh orang Ethopia di dataran tinggi. Ketika itu, beberapa orang di Benua Afrika, terlebih bangsa Etiopia, yang konsumsi biji kopi yang digabungkan dengan lemak hewan serta anggur untuk penuhi keperluan protein serta daya tahan badan. 

Mengenal Sejarah Kopi Hingga Mendunia

Sejarah Kopi Hingga Mendunia

Suatu legenda perihal sejarah kopi, menceritakan cerita Kaldi, seseorang pengembala kambing yang hidup di Ethopia seputar 300 Masehi. Kaldi mencermati kawanan kambing gembalaannya yang terus terbangun bahkan juga sesudah matahari tenggelam sesudah mengonsumsi sejenis beri-berian. Ia juga coba mengkonsumsinya serta rasakan dampak yang sama. Ia menceritakan pada biarawan di dekat situ, yang mulai sejak itu mengambil kopi untuk pertemuan doa malam. Legenda Sejarah kopi ini dapat menceritakan beberapa biarawan ini temukan bahwa biji kopi bisa di panggang serta minuman hasil kombinasi biji kopi panggang itu bukan sekedar membuahkan dampak yang sama, tetapi juga merasa tambah lebih baik. Dalam sejarah kopi, kopi biji serta minuman yang di buat oleh mereka mulai sejak waktu itu dikira juga sebagai stimulan elegan. 

Rutinitas ini lalu terus berkembang serta menebar ke beragam negara di Afrika, tetapi cara penyajiannya masih tetap menggunakan cara konvensional sebagaimana tertera pada sejarah kopi. Barulah setelah beberapaq ratus th. kemudian biji kopi ini dibawa melalui Laut Merah serta tiba di Arab dengan cara penyajian yang semakin maju. 

Sejarah Kopi dan Perubahan Kopi di Dunia 

Kebun Kopi Sejarah Kopi Tahun 1880
Kebun Kopi Tahun 1880

Sejarah budidaya penanaman kopi serta perdagangannya berawal dari semenanjung Arab. Selama abad 15 hingga abad 16 kopi sudah ditanam, dipanen serta diperdagangkan untuk dikonsumsi di semua tanah Mesir, Siria serta Turki. Dalam kurun saat itu Yaman adalah penghasil paling utama kopi serta bangsa Arab dengan cermat melindungi perkebunan kopi yang semakin bernilai. 

Ketika itu kopi jadi minuman paling utama di Negara-Negara Muslim. Kepopuleran kopi mungkin saja dikarenakan oleh dua hal yakni lantaran memberi dampak bugar pada badan serta juga sebagai pengganti minuman khamar atau alkohol yang memanglah dilarang oleh Islam. 

Kepopuleran kopi juga ikut bertambah bersamaan dengan penyebaran agama Islam ketika itu sampai melampaui daerah Afrika Utara, Mediterania, hingga ke India. Cerita pengembaraan umat Muslim tak lepas dari kopi, dimanapun orang Muslim menebarkan agamanya, kopi senantiasa dibawa. Hingga pada era ke-13 kopi telah menebar ke Afrika Utara, Negara-Negara Mediterania serta India. Pada era ke-14 serta 15, budaya minum kopi telah menebar di Turki, Mesir, Syiria, Persia. 

Hingga era ke-16 semua produksi kopi masih tetap dikuasai Arab. Tetapi pada saat ini, belum ada budidaya tanaman kopi diluar daerah Arab lantaran bangsa Arab senantiasa mengekspor biji kopi yang infertil (tak subur) lewat cara memasak serta mengeringkannya terlebih dulu. Hal semacam ini mengakibatkan budidaya tanaman kopi tidaklah memungkinkan. Barulah pada th. 1600-an, seseorang peziarah India sukses membawa biji kopi fertil keluar dari Makkah serta menumbuhkannya di beragam daerah diluar Arab. 

Sejarah Kopi dan Penyebaran Kopi ke Semua Dunia 

Kebun Kopi Sejarah Kopi Dunia
Kebun Kopi Masa Hindia Belanda

Sebagaimana tertera dalam sejarah kopi, Eropa tak mengetahui kopi sampai era ke-17 saat beberapa orang Itali untuk pertama kali sukses membawa biji kopi ke Venezia (1615). Mereka memperoleh pasokan biji kopi dari orang Turki. Hadirnya kopi di Itali segera tercium ke Negara Eropa yang lain. Sampai setahun kemudian, Belanda jadi Negara Eropa pertama yang sukses membudidayakannya pada th. 1616. Pada th. 1650, untuk pertama kalinya Inggris mempunyai kedai kopi di kota Oxford. 2 th. kemudian Inggris telah mempunyai beberapa ratus kedai kopi. 


Sejarah Kopi di Indonesia tertulis mulai sejak th. 1690, biji kopi dibawa ke Pulau Jawa untuk dikultivasi dengan cara besar-besaran. Ketika itu, Indonesia masih tetap adalah negara jajahan Kolonial Belanda. Disini Belanda buka perkebunan kopi di Pulau Jawa serta jual hasil akhirnya ke Eropa. Penanaman kopi oleh Belanda berhasil besar serta Amsterdam jadi pusat perdagangan kopi se-Eropa sampai era ke-18.

Demikian pengetahuan mengenai Mengenal Sejarah Kopi Hingga Mendunia. Semoga dengan kita membaca artikel Mengenal Sejarah Kopi Hingga Mendunia, dapat menambah wawasan kita dalam dunia minuman kopi. Blog Resep Kopi Hitam tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Sumber referensi dan photo credit;
warungkopishop(dot)blogspot(dot)com
aisyahvelya(dot)blogspot(dot)com, yuancoffee(dot)blogspot(dot)com


Labels:

Post a Comment

MVP

{facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google-plus#http://plus.google.com} {youtube#http://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
lt;script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">